Kamis, 17 Juli 2014

Puding Sutra Coklat Nata De Coco


Yihaaa..udah mudik nih ceritanya..pulang kampung ke Jogja duluan cuman berdua doang sama Vio, gara-gara Pappa masih ada gawean di kantornya. But it's ok..nyatanya bisa selamat sampai di kota kelahiran tercinta tanpa kurang suatu apapun..tsaahh..Alhamdulillah :)

Suasana ramadhan di kota asalku ini emang selalu ngangenin. Ga tau kenapa.. Aahhh, pesona kota Jogja emang ga ada yang bisa nyaingin pokoknya. Dan aku beruntung bisa mudik duluan tahun ini, karna Pappa udah libur kuliah. 

Tradisi di Jogja kalo bulan puasa gini, biasanya tiap menjelang buka puasa, ada takjilan di masjid ataupun musholla. Takjilan bisa mengakrabkan masyarakat karena mereka saling bertemu dan menyapa saat berkumpul di masjid sebelum waktu berbuka puasa. Dan setiap keluarga mendapat kehormatan menyediakan takjil bergiliran selama bulan ramadhan. Jadi satu bulan itu, paling tidak kebagian jatah satu kali untuk menyediakan takjil. Isinya sederhana, tapi memang yang penting adalah rasa kebersamaan.

Setelah 2 hari di Jogja, aku dan ibu dapat jatah untuk mengisi takjilan di masjid dekat rumah. Ibu sudah pesan nasi ayam goreng dan tahu bakso. Aku bikin puding untuk tambahan takjilnya. Kali ini aku bikin puding sutra coklat dengan tambahan nata de coco di atasnya. Resepnya sama seperti puding sutra, cuman susu kental manis putihnya diganti dengan susu kental manis coklat. 

Puding Sutra Coklat Nata De Coco
Bahan:
2 bungkus agar-agar bubuk plain
2 kaleng SKM coklat
10 kaleng air (menggunakan kaleng bekas skm)
Nata de coco
10 sdm sirup orange squash delight

Cara membuat:
- Masak agar-agar, SKM coklat, dan air hingga mendidih. Matikan api.
- Tuang 3/4 adonan puding ke dalam cup-cup kecil, dinginkan.
- Campur sirup orange dan nata de coco hingga rata, tuang diatas puding.
- Dinginkan di dalam kulkas.




Hasilnya menjadi sekitar 80 cup kecil-kecil seperti diatas. Lumayan banyak juga ternyata. Iya, karna di masjid disuruh menyediakan untuk 60 orang. Sisanya yang 20 cup, kami nikmati bersama di rumah. Oh iya, puding ini juga ga kalah syegerr dengan puding sutra yang biasa.

Alhamdulillah puding sutra coklatnya laris manis :)
Indahnya kebersamaan..
Indahnya berbagi di bulan yang penuh berkah ini..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar