Jumat, 04 Juli 2014

Blackforest Cake For Putri


Blackforest cake, pesenan adekku yang tinggal di Jogja buat ultah temen ceweknya katanya. Ckckck..anak muda jaman sekarang (geleng-geleng kepala) Hihihi..padahal aku dulu juga pernah ngalamin :p Awalnya dia tanya lewat whatsapp, di Jogja dimana yang bisa pesen cake ultah lengkap dengan lilin dan pisau kuenya. What? Setahuku kalo cake ultah yang dijual di toko itu biasanya lilinnya beli sendiri deh. Adekku yang satu ini orangnya emang agak pemalas (maklum anak cowok satu-satunya), jadi dia maunya beli cake ultah yang sudah lengkap dengan lilin dan pisau cakenya. Tapi kayaknya untuk urusan yang satu ini beda. Entah dia emang males nyari lilinnya atau sebenernya minim budget buat beli cake ultahnya. Wkwkwk.. piss ya dek :D

Ya sudah, karna aku memang ga punya kenalan bakul rumahan di Jogja yang bisa pesen cake ultah made by order, akhirnya aku tawarkan ke dia gimana kalo aku aja yang bikin cakenya. Dan dia langsung mau saat itu juga (ya iyalah..bayarnya bisa ngutang dulu soalnya :p) Kebetulan juga waktu itu om ku lagi berkunjung ke Jakarta. Jadi cake ultahnya aku titipin ke beliau buat dibawa pulang ke Jogja (matur nuwun sanget nggeh om).

Adekku maunya blackforest cake. Padahal sebenernya aku belum pernah bikin cake ini. Hihihi.. Tapi aku coba buat saja dengan modal rasa percaya diri yang tinggi (kan udah pake rexona..hihihi..ga nyambung :p) Sekalian juga buat belajar bikin blackforest pikirku.

Bikinnya blackforest cake ekonomis aja. Disebut ekonomis karena tidak menggunakan darkcherry. Basecake menggunakan brownies kukusnya Ny. Liem. Tapi aku cuman bikin setengah resep saja. Berikut aku tuliskan resepnya dibawah.

Brownies Kukus Ny. Liem
Bahan I :
6 butir telur
225 gram gula pasir 

1/2 sdt vanili bubuk
1/2 sdt garam
1 sdt teh emulsifier
 

Bahan II :
125 gram terigu protein sedang
50 gram cokelat bubuk
1/2 sdt baking powder
 

Bahan III :
175 ml minyak goreng
100 gram dark cooking cokelat, lelehkan, campur dgn minyak


Cara membuat :
- Panaskan kukusan.
- Campur dan kocok bahan I menjadi satu hingga mengembang dan kental.
- Masukkan bahan II sedikit demi sedikit sambil diayak hingga rata. Tuang bahan III, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata.

- Tuang adonan ke dalam 2 buah loyang diameter 18 cm yang sudah diolesi margarin dan dialasi kertas roti. Kukus adonan selama 20-25 menit.
- Angkat dan dinginkan.

 

Karna cake ini nantinya akan melakukan perjalanan jauh, maka untuk dekornya menggunakan full buttercream agar lebih kokoh. Filling memakai selai blueberry dan buttercream di setiap layernya. Pager coklat aku bikin manual karna belum punya cetakannya (kali ini bakulnya yang minim budget :D). Sengaja memilih dekor yang simple dan minimalis karna buat anak muda.
 
Untuk resep buttercream bisa dilihat dibawah sini. Lumayan kokoh dan tidak ngendal di lidah. Dapet resepnya dari kakak iparku.
 
Buttercream Frosting
Bahan:
500 gram mentega putih
1 kaleng SKM (aku pake carnation)

Cara membuat:
- Kocok mentega putih dengan kecepatan sedang sampai agak lembut.
- Masukkan susu kental manis, kocok terus sampai lembut dan tidak ngendal di lidah.
- Aduk rata buttercream dengan sendok kayu.

Alhamdulillah hasil blackforestnya lumayan bagus (narsis..hihihi). Adekku juga seneng banget begitu nerima cakenya. Kata dia, bagus kok mbak.. Alhamdulillah lagi kalo adekku ternyata suka :)


Happy birthday Putri.. Semoga sehat dan sukses selalu :)
Semoga suka juga dengan blackforest cakenya.. Karna cake ini harganya mahal lho. Secara dibawa dari Jakarta ke Jogja. Heuheu..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar