Sabtu, 29 November 2014

Lumpia Goreng


Siang tadi diguyur hujan deras, sampe sore pun masih. Biasa kalo hujan-hujan begini hawanya kepengen ngemil aja. Kebetulan tadi pagi habis beli kulit lumpia di mbak sayur yang suka lewat di komplek. Masih ada sisa sedikit daging sapi giling di dalem freezer. Ya sudah akhirnya bikin lumpia goreng aja.

Lumpia atau biasa disebut sebagai spring roll dalam menu restoran ialah sebuah cemilan yang telah berisi sayuran. Konon kabarnya lumpia ialah salah satu cemilan khas warga tionghoa, yang telah lama diadaptasi oleh penduduk Indonesia. Di Indonesia sendiri, lumpia yang telah terkenal berasal dari kota Semarang dengan isian rebung alias bambu muda. Dan pada saat ini ada 2 jenis lumpia yang dikenal di masyarakat luas, yaitu lumpia kering dan lumpia basah. (www.resepku.me)


Untuk isian lumpia gorengnya kali ini aku pake daging sapi giling, tahu putih dan wortel. Karna stok di dapur adanya cuman itu doang. Hihihi.. Belum sempet belanja lagi ke pasar..hohoho #ga ada yang nanya :D

Lumpia Goreng
By: Vani AA
Bahan:
10 lembar kulit lumpia
50 gr daging sapi giling
3 buah tahu putih, hancurkan
1 buah wortel, iris tipis
Daun bawang, iris tipis
Gula, garam, merica bubuk secukupnya
Minyak goreng

Bumbu halus:
2 siung bawang putih
3 siung bawang merah
1 sdt ketumbar

Cara membuat:
- Untuk isinya: tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan daging sapi giling, aduk hingga berubah warna. Tambahkan tahu putih dan wortel, aduk rata. Beri gula, garam dan merica bubuk, aduk rata. Menjelang diangkat, masukkan daun bawang, aduk rata. Sisihkan.
- Siapkan kulit lumpia, isi dengan bahan isian yang sudah matang dan dingin. Gulung lumpia dan rekatkan dengan tepung terigu yang dicampur dengan sedikit air.
- Goreng lumpia dalam minyak panas hingga matang dan kecoklatan. Angkat dan tiriskan.





Untuk isiannya sebenernya bisa bervariasi. Bisa diisi dengan ayam suwir, sayuran, dan masih banyak lagi. Tergantung selera masing-masing aja. Kalo aku sih biasanya tergantung stok di dalem kulkas. Hihihi..

Silahkan dicoba resep lumpia gorengnya. Simple dan praktis banget untuk membuatnya..
Mari ngemiill dulu..hehehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar