Senin, 17 November 2014

Beef Lasagna Ala Dapur Mayza


Beef lasagna, menu breakfast kami beberapa waktu yang lalu. Habis ngerjain orderan dari Nita eh tiba-tiba kepengen juga. Ya sudah akhirnya bikin deh. Lagian udah janji juga mau ngeshare resepnya disini. Resep aku modifikasi sendiri. Hasil blog walking di blognya Ricke Ordinary Kitchen dan blognya kakak iparku sendiri Deasy Maslianita.

Dulu pernah bikin lasagna pake kulit yang instan, tapi hasilnya ga memuaskan. Karna patah dan sobek ketika habis direbus. Memang gampang-gampang susah ngrebus kulit lasagna yang instan. Pernah juga beli kulit yang tidak perlu dimasak dulu, tapi hasilnya masih keras ketika lasagnanya matang. Sempet males juga sebenernya kalo suruh bikin lasagna lagi. Karna masalahnya pasti ada pada kulit lasagnanya.. Jiaahhh..

Belajar dari pengalaman, akhirnya kepengen bikin sendiri aja kulit lasagnanya. Dapet resepnya dari Mbak Deasy Maslianita. Gampang sekali membuatnya. Tinggal bikin dadar aja, kayak bikin kulit risoles. Dan yang pasti bebas dari pengawet dan msg. Untuk saus dagingnya aku pake daging sapi giling dan potongan jamur merang.
Cekidot..

Beef Lasagna
Bahan kulit lasagna:
75 gr kentang, kukus, haluskan
75 gr tepung terigu
200 ml susu cair
1 butir telur
1/4 sdt garam

Bahan saus daging:
200 gr daging sapi giling
50 gr jamur merang, cincang
3 buah tomat, blender
1/2 botol saus tomat
1 buah bawang bombay, cincang
1 siung bawang putih, cincang
1/4 sdt oregano
100ml air
Garam, gula pasir, merica dan pala bubuk secukupnya
Minyak goreng untuk menumis

Bahan saus putih (bechamel):
2 sdm mentega
2 sdm tepung terigu
250 ml susu cair
Garam, merica bubuk secukupnya
150 gr keju cheddar parut

Topping:
Keju mozzarella/keju quickmelt
Oregano

Cara membuat:
- Kulit lasagna: aduk semua bahan kulit, setelah merata buat dadar di wajan anti lengket hingga adonan habis. Sisihkan.
- Saus daging: tumis bawang bombay dan bawang putih hingga wangi, masukkan daging sapi giling dan jamur merang, masak hingga daging berubah warna. Tambahkan tomat yang sudah diblender dan saus tomat, aduk rata. Masukkan garam, gula pasir, merica dan pala, aduk rata. Tambahkan oregano dan air, masak hingga air menyusut dan daging matang. Sisihkan.
- Saus putih (bechamel): lelehkan mentega, masukkan tepung terigu, aduk cepat sampai rata. Masukkan susu cair dan keju cheddar parut, aduk rata. Tambahkan garam dan merica bubuk, aduk sampe rata. Sisihkan.
- Penyelesaian: siapkan pinggan tahan panas/alumunium foil yang sudah dioles dengan mentega. Tata adonan kulit di bawah, kemudian tambahkan saus daging diatasnya, ratakan. Masukkan saus putih (bechamel), ratakan, tutup kembali dengan kulit lasagna. Lakukan hal yang sama sampe adonan habis. Terakhir diatasnya adalah saus putih (bechamel). Beri topping mozzarela/quickmelt dan oregano.
- Panggang dalam oven panas selama 30 menit. Jangan lupa atasnya ditutup dengan alumunium foil yang lembaran, agar tidak gosong.
- Potong-potong dan sajikan dengan saus sambal botolan.





Rasanya enak dan nendang banget. Jadi salah satu menu favorit olahan pasta keluarga kecil kami nih, setelah macaroni schotel dan spaghetti saus bolognese. Yippiiee.. Hihihi..

Selamat mencoba ^__^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar