Rabu, 08 Oktober 2014

Macaroni Schotel With Mozzarella Cheese


Macaroni schotel, salah satu makanan favorit kami bertiga di rumah. Sudah lumayan lama ga bikin si macaroni schotel ini. Bikin kalo pas ada orderan doang. Hari itu coba nawarin ke Pappa kalo mau bikin macaroni ini, dan Pappa langsung mengiyakan. Lagian juga niatnya mau mengabiskan stok macaroni elbow juga yang masih duduk manis di pojokan dapur. Heuheu..

Isiannya memakai potongan beef burger & jamur kancing, sesuai request Pappa. Topping menggunakan keju mozarella. Biasanya sih cuman pake keju kraft yang quickmelt doang. Hari itu rada sombong dikit pake keju mozzarella. Secara abis kedatangan paket pesenan keju mozzarella yang aku order sama Pak Tri Mastercheese. Harganya lumayan miring bo' dibandingin sama yang di supermarket. Hihihi..

Yang mau resepnya, aku tulis kembali di bawah ini. Tetapi aku cuman bikin setengah resep aja. Karna hasilnya udah lumayan banyak buat kami yang notabene keluarga kecil bahagia sejahtera. Hihihi.. Amiin..

Macaroni Panggang
Bahan:
250 gr macaroni elbow rebus 3/4 matang (masukkan 1 sdm minyak goreng supaya tidak lengket, tapi tidak dipakai juga tidak apa-apa)
200 gram cheddar cheese, potong dadu (diparut juga boleh, tapi lebih berasa kalo dipotong dadu)
6 buah beef burger, potong kecil-kecil
100 gram jamur kancing

Tumis sampai wangi:
1 buah bawang bombay potong kecil-kecil
2 siung bawang putih cincang
Margarin secukupnya untuk menumis

Bumbu:
Garam dan gula pasir secukupnya
Bubuk merica dan pala (ukurannya sesuai selera, harus dicicipi loh ya)

Aduk rata:
600 cc susu cair full cream (aku pakai susu bubuk yang dicairkan)
5 butir telur kocok lepas

Topping:
1 sdm margarine
2 sdm tepung terigu
250 cc susu cair (aku pakai susu bubuk yang dicairkan)
Garam, merica secukupnya
25 gram keju parut (cheddar cheese atau keju lainnya sesuai selera)
25 gram keju mozzarella

Cara membuat:
- Panaskan kukusan beserta airnya, lapisi tutupnya dengan serbet untuk mencegah air menetes ke dalam kukusan.
- Tumis bawang sampai wangi, masukkan sosis dan kornet. Lalu masukkan bumbu, jangan lupa cicipi sesuaikan dengan selera.
- Macaroni yang sudah direbus sampai 3/4 matang (jangan kelamaan supaya tidak lembek), angkat lalu tiriskan. Masukkan macaroni ke campuran susu dan telur, aduk rata. Lalu masukkan tumisan daging, aduk rata. Masukkan keju, aduk rata. Tuang ke wadah aluminium foil. Masukkan ke dalam kukusan lalu kukus selama 15 menit (perhatikan waktu kukus, wadah yang lebih besar butuh waktu kukus lebih lama supaya matang).
- Sementara mengukus, siapkan topping: Lelehkan margarine, masukkan terigu, aduk cepat sampai rata. Tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk cepat agar tidak menggumpal. Tambahkan garam dan merica.
- Keluarkan macaroni panggang dari kukusan, tuangkan topping lalu taburi keju. Panggang sampai atasnya kecoklatan.




Setengah resep macaroni panggang ini bisa menghasilkan sekitar 12 cup kecil seperti gambar diatas. Tapi tergantung ukuran cup-cup nya juga ya..

Ga sampe 2 hari, macaroni schotel ini udah habis tak bersisa. Ternyata oh ternyata.. Vio juga doyan banget sama makanan ini. Hahh, saingan di rumah jadi nambah satu lagi nih :p :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar