Rabu, 17 Desember 2014

Soto Ayam


Pagi ini masak soto ayam buat stamina yang lagi ga bagus nih. Udah 3 hari ini lagi kurang enak badan, tapi Alhamdulillah hari ini udah agak baikan meskipun masih sedikit terserang batuk. Dari kemaren kepengen banget makan yang berkuah dan seger, akhirnya aku putuskan buat bikin soto ayam aja. Sebenernya bahan-bahan dan niat buat masak soto ayam udah ada sejak beberapa hari yang lalu. Tapi karna kondisi badan lagi ga mendukung, akhirnya ditunda dulu, dan baru tadi pagi sempet mengeksekusi soto ayamnya. Hehehe..


Kuah sotonya aku bikin dari kaldu ayam dan tumisan bumbu halus, tentu saja tanpa penyedap lho yaa.. Aku kalo masak memang sudah terbiasa tidak pakai penyedap. Berani main bumbu aja, jangan lupa takaran gula dan garamnya harus pas, Insya Allah tetep enak kok ^__^

Soto Ayam
By: Vani AA
Bahan:
1/4 buah kol, iris memanjang, siram dengan air panas
50 gr soun, rendam dengan air panas
100 gr tauge kecil, bersihkan lalu siram dengan air panas
250 gr ayam fillet
1,5 liter kaldu ayam
2 batang sereh
2 lembar daun jeruk
Daun bawang, iris tipis
Garam, gula pasir, dan merica bubuk
Minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus:
4 siung bawang putih
6 siung bawang merah
3 butir kemiri
1 sdt ketumbar
2 buah kapulaga
1/2 sdt jinten
1 cm kayu manis
2 cm kunyit
1 cm jahe

Pelengkap:
Telur rebus
Kerupuk
Bawang goreng untuk taburan
Jeruk nipis
Sambal dan kecap manis

Cara memasak:
- Lumuri ayam fillet dengan garam dan merica hingga merata. Kemudian rebus hingga matang. Suwir-suwir dan sisihkan.
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga wangi. Masukkan kaldu ayam, sereh, dan daun jeruk, aduk rata. Tambahkan garam, gula pasir, dan merica bubuk, masak hingga mendidih.
- Menjelang diangkat, masukkan irisan daun bawang. Angkat dan sisihkan.
- Penyajian: tata soun, tauge, kol, dan ayam di mangkuk. Siram dengan kuah soto. Taburi bawang goreng diatasnya. Sajikan dengan bahan pelengkap.



Masak sotonya emang dalam porsi kecil. Karna kami cuman bertiga doang di rumah. Hehehe.. Kalo mau masak porsi yang lebih banyak, tinggal disesuaikan aja bahan dan bumbu-bumbunya.

Kuahnya seger banget.. Pappa dan Vio doyan banget sama soto buatan Mammanya. Kalo mereka berdua mah jangan ditanya lah ya.. They are my lovely customers ^__*

Silahkan dicoba yaa..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar