Selasa, 09 Juni 2015

Brownies Kukus Pisang


Beberapa hari yang lalu dapet kiriman pisang ambon dari tetangga depan rumah yang lagi panen. Seperti biasa, puter otak mau dibikin kudapan apa lagi si pisang ambon yang manis ini. Sebenernya aku dan Vio suka banget makan pisang, kalo Pappa sih emang kurang begitu suka. Nah, biar pisangnya cepet abis dan Pappa bisa menikmati olahan si pisang ambon nan manis ini, mending dibikin brownies pisang aja.

Googling kesana kemari akhirnya pilihan hatiku jatuh sama resep brownies kukus pisang-nya Mbak Endang JTT. Bikinnya gampang banget karna tinggal diaduk-aduk doang menggunakan spatula. Jadi ga perlu ngeluarin mixer kesayangan dari dalem kitchenset. Eaaa.. #elus-elusmixerkesayangan

Pisangnya kebetulan pas abis dikasih, aku masukin ke dalem kulkas. Dan malahan jadi mateng banget. Karna takut busuk, aku kupasin satu-persatu deh itu pisangnya, lalu aku masukin plastik kemudian simpen di dalem freezer, biar lebih awet. Baru setelah hari keempat pisangnya diolah menjadi kudapan yang enak ini. Hiyahahaha, keliatan malesnya deh.. Heuheu..

Brownies Kukus Pisang

Bahan:
150 gr DCC, lelehkan
125 gr gula pasir
3 sdm mentega/margarin
100 gr tepung terigu
1/2 sdt vanili bubuk
300 gr pisang ambon, haluskan dengan garpu (aku pake 5 buah pisang ambon yang sudah matang sekali)
2 butir telur, kocok lepas
20 gr coklat bubuk
1 sdt baking powder (resep asli 1/2 sdt baking powder double acting)
1/2 sdt garam

Cara membuat:
- Panaskan kukusan. Siapkan loyang uk 20x20cm, olesi dengan margarin. Alasi dengan kertas roti, olesi lagi dengan margarin. Sisihkan.
- Ayak tepung terigu dan vanili bubuk. Tambahkan coklat bubuk, baking powder, dan garam, aduk rata. Sisihkan.
- Di wadah lain, campur lelehan DCC dengan gula pasir dan mentega/margarin, aduk rata.
- Masukkan pure pisang ke dalam campuran DCC, aduk rata. Tambahkan telur yang sudah dikocok lepas, aduk hingga adonan halus.
- Masukkan campuran tepung terigu dalam 3 tahap, aduk perlahan dengan spatula hingga rata.
- Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Ratakan permukaannya dengan spatula. Kemudian kukus selama 45-50 menit hingga matang. 
- Keluarkan kue dari dalam loyang. Tunggu sampe dingin, kemudian potong-potong.





Karna Pappa kurang begitu suka dengan brownies yang polosan alias ga ada topingnya, jadi aku tambahin aja sedikit olesan buttercream dan keju parut di atasnya. So looks yummy jadinya tampilan brownies kukus pisangnya ^__^

Dan emang bener seperti yang Mbak Endang bilang, browniesnya endess margondes banget. Kerasa banget pisangnya. Ya iyalah, masa kerasa durennya. Jiahahaha.. Paduan pisang ambon yang manis legit ditambah coklat. Sepotong aja ga cukup..

Makasih banyak Mbak Endang, sudah berbagi resep yang seenak ini. Hehehe.. Ayok silahkan dicoba resepnya biar ga pada penasirun..eh penasaran.. Hihihi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar