Minggu, 15 Juni 2014

Pastel Tutup Kentang Keju


Minggu siang, iseng bikin kudapan buat Pappa dan Vio. Gegara liat seplastik kentang yang duduk manis di sudut dapur. Kebetulan juga ada stok ikan tuna kalengan dan keju cheddar yang tinggal separo di dalam kulkas. Puter otak, karna Pappa seneng sama makanan yang gurih akhirnya hatiku menetapkan pilihan sama si pastel tutup kentang ini.

Pastel tutup kentang ini termasuk jenis pastel klasik. Sebenernya ada berbagai macam pastel yang ada di Indonesia, antara lain pastel goreng, pastel kering, pastel renyah, pastel panggang, pastel basah, pastel sayuran, dan masih banyak lagi.

Resep pastel tutup kentang ini aku ambil dari resepku.me, tapi sudah aku modifikasi menyesuaikan bahan yang ada di kulkas. Aku tambahkan juga parutan keju di atasnya.


Pastel Tutup Kentang Keju
Bahan:
250 gr kentang, kukus, haluskan
1 sdm susu bubuk
garam, merica, pala secukupnya
1 kuning telur
50 gr keju cheddar, parut
1 kuning telur, untuk olesan

Bahan isi:
1 kaleng ikan tuna
2 buah wortel ukuran sedang, potong kotak, rebus 1/2 matang
50 gr soun seduh, tiriskan
1/2 siung bawang bombay, cincang kasar
1 siung bawang putih, cincang kasar
daun bawang secukupnya, iris tipis
garam, gula, merica, pala secukupnya
1 sdm minyak, untuk menumis 
air secukupnya
50 gr keju cheddar, untuk topping

Cara membuat:
- Campur kentang, susu bubuk dan garam lalu aduk, kemudian masukkan kuning telur, keju, merica bubuk dan pala bubuk lalu aduk lagi sampai rata.
- Buat isi, ambil bawang putih dan bawang bombay kemudian tumis sampai harum. Masukkan ikan tuna kalengan, tambahkan wortel,aduk rata.
- Masukkan garam, lalu diikuti merica bubuk, kemudian gula pasir, dan pala bubuk. Aduk beberapa saat lalu tambahkan air perlahan lahan. Masak dan biarkan bumbu meresap. Tambahkan soun dan aduk lagi biar rata. Terakhir masukkan daun bawang, aduk rata kemudian angkat dan tiriskan.
- Tata setengah bagian dari adonan di dasar pinggan/ loyang tahan panas yang sebelumnya telah dioles margarin. (aku pakai alumunium foil)
- Tuang isi ke atas kentang. Lalu gunakan sisa kentang untuk menutup atasnya. Buat garis dengan garpu sebagai hiasan. Oles dengan kuning telur permukaanya. Taburi keju cheddar parut. Oven selama 30 menit dengan suhu sekitar 180 derajat Celcius dan biarkan hingga matang.



Rasanya gurih banget karna pake ikan tuna kalengan. Alhamdulillah jadi menu makan siang kami bertiga hari ini ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar