Selasa, 11 November 2014

Tempe Mendoan


Salah satu cemilan di rumah kalo pas hujan nih, tempe mendoan. Kebetulan hari itu mbak sayur langganan bawa sebungkus tempe mendoan. Jarang-jarang lho di sini ada yang jual tempe mendoan. Girang banget deh ah pokoknya. Wkwkwk..lebay deh.. Kalo di kampung halaman Pappa di Cilacap, banyak banget yang jual tempe mendoan ini. Bahkan ada yang dijual matengan, jadi kita tinggal makan doang. Di deket rumah sih sebenernya ada juga yang jual tempe mendoan udah matengan. Tapi rasanya kurang nendang menurutku. Kata Pappa, lebih enak tempe mendoan buatan Mamma. Hihihi..

Tempe mendoan adalah sejenis masakan tempe yang terbuat dari tempe yang tipis, dan digoreng dengan tepung sehingga rasanya gurih dan renyah. Secara tradisional di wilayah Banyumas, tempe yang digunakan untuk mendoan adalah jenis tempe bungkus yang lebar tipis, satu atau dua lembar perbungkus. Akan tetapi tempe mendoan juga dapat dibuat dari tempe biasa yang diiris tipis-tipis namun lebar. (wikibooks.org)

Nah tempe mendoan yang dibawa mbak sayur ini kebetulan rasanya enak. Semenjak merantau ikut suami, aku belum pernah nemu tempe yang rasanya enak. Bahkan udah dibumbu macem-macem pun rasanya tetep kurang nendang. Beda sama tempe dari kampung halaman. Cuman dicelup di air sama garam aja rasanya udah gurih banget. Mungkin jenis kedelainya kali ya yang berbeda.

Tempe Mendoan
By: Vani AA
Bahan:
6 buah tempe mendoan, aku potong menjadi 2 bagian
Tepung terigu
Air secukupnya
Daun bawang, iris tipis
Minyak goreng

Bumbu halus:
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
3 butir kemiri
1 sdt ketumbar
1 sdt merica
1 cm kunyit
1 cm kencur
Garam secukupnya

Cara membuat:
- Aduk tepung dengan bumbu halus, daun bawang, dan air hingga rata.
- Celupkan tiap potongan tempe kedalam adonan tepung.
- Goreng hingga matang. Angkat dan tiriskan.
- Sajikan dengan cabai rawit ijo.


Menggoreng tempe mendoan jangan sampe kering dan mengeras. Karna tempe mendoan memang teksturnya lembek, berbeda dengan tempe goreng tepung yang digoreng sampe kering. Untuk bumbu halusnya, biasanya aku blender aja biar cepet. Karna males kalo harus uleg-menguleg bumbu pake cobek. Hihihi..

Dimakannya pas anget-anget, pake cabe rawit ijo yang pedes, enak banget pokonya. Apalagi sekarang udah masuk musim hujan nih.. Cucok banget deh dijadiin salah satu menu cemilan di rumah..

Selamat mencoba ^__^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar