Kamis, 27 Agustus 2015

Steak Tuna with Mushroom Sauce


Punya seperempat fillet ikan tuna yang udah nangkring seminggu lebih di dalem freezer. Waktu itu lagi dilanda bosen kalo cuman dimasak balado ataupun digoreg tepung. Tiba-tiba aja kepikiran dibikin steak aja. Lagian juga udah cukup lumayan lama ga makan steak. Steak langgananku dan Pappa sih yang murah meriah aja, yakni di Waroeng Steak Jogja. Dulu sewaktu masih pacaran, kita berdua suka jajan dan makan di Waroeng Steak ini. Yah harganya lumayan terjangkau buat kami berdua yang pada waktu itu cuman berstatus mahasiswa. Ihiks.. Tapi sampe sekarangpun kalo pas pulang kampung ke rumah Ibu di Jogja, kami sekeluarga juga masih sering makan di Waroeng Steak juga kok.

Sebenernya ditempat tinggalku sekarang juga ada Waroeng Steak Jogja. Tapi kalo mau kesana, duhh macetnya minta ampuunn. Udah melambaikan tangan duluan ke kamera kalo Pappa diajakin makan disana. Ya sudah, untuk mengobati rasa kangenku sama Waroeng Steak ini, akhirnya coba bikin sendiri aja. Coba tanya ke mbah google dan akhirnya nemu resep yang pas punya Mbak Diah Didi. Makasih buat sharing resepnya mbak.. Resep punya Mbak Diah Didi ini malahan langsung dari ownernya Waroeng Steak Jogja. Alhamdulillah, jadi semakin yakin buat mencobanya.. Tapi seperti biasa ya, resepnya aku modifikasi sesuai bahan yang ada di kulkas. Hehehe..

Steak Tuna with Mushroom Sauce

Bahan:
1/4 kg ikan tuna, iris tipis melebar
Saus tiram
1/2 sdm jeruk lemon
Garam, merica bubuk
1 sdm margarin

Bahan Mushroom Sauce:
50 gram jamur kancing
2 buah tomat, rebus, buang biji dan kulitnya, cincang
4 siung bawang putih, cincang halus
8 siung bawang merah, cincang halus
1 buah bawang bombay, cincang halus
30 ml saus tiram
1/2 botol saus tomat
Gula, garam, merica bubuk
200 ml air
Margarin untuk menumis

Bahan Pelengkap:
2 buah kentang, potong-potong, goreng hingga kecoklatan
Mix vegetables, rebus sebentar

Cara Membuat:
- Lumuri ikan tuna dengan campuran saus tiram, air jeruk lemon, garam, dan merica bubuk, sisihkan.
- Untuk sausnya, panaskan margarin, tumis bawang putih, bawang merah dan bawang bombay hingga wangi. Masukkan tomat cincang, saus tomat, saus tiram, air, jamur kancing, dan bumbu-bumbu lain, aduk hingga mengental. Jika kurang kental, bisa ditambahkan dengan sedikit larutan maizena. Sisihkan.
- Untuk steak tunanya, panaskan margarin diatas wajan anti lengket, masukkan ikan tuna. Masak hingga matang pada kedua sisinya.

Penyajian:
Susun kentang dan sayuran diatas piring saji, lalu letakkan steak tuna kemudian siram dengan mushroom sauce


Alhamdulillah nikmat..dan cukup mengobati rasa kepengenku makan steak beberapa hari ini. Selain itu juga dapat pujian dari suami tercinta. Uhuukk.. Iya lah, Pappa dan Vio adalah customer terbaikku ^__^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar