Sabtu, 23 Agustus 2014

Cheese Klappertaart For Vio


Dari kemaren Vio ngerengek terus minta dibikinkan kelapa. Vio kalo menyebut klappertaart dengan kata kelapa. Hehehe.. Ya memang aslinya kan kue kelapa. Minta dibikinkan klappertaart gara-gara liat ada beberapa kotak keju cheedar di dalam kulkas. Itu keju emang aku borong gara-gara pas bulan puasa kemaren ada potongan harga waktu jalan-jalan di supermarket. Namanya emak-emak, nalurinya pasti ngeborong kalo ada diskon. Padahal habis itu bingung mau diapakan barangnya. Hihihi..

Ya sudah, akhirnya aku bikinin deh cheese klappertaart spesial buat Vio. Beli kelapa mudanya sore, habis pulang jalan-jalan dari BSD. Bikinnya baru malemnya, setelah selesai makan malam. Aku kalo bikin klappy emang sukanya malem, karna biar bisa masuk kulkas dulu semalaman. Habis keluar dari oven, dinginkan sebentar, kemudian masukkan ke dalam kulkas. Klappy ini enak banget disantap pas kondisi dingin menurutku.

Kali ini bikinnya pake keju cheddar 1 kotak. Mumpung masih banyak stok keju cheddar. Selain itu juga request dari Pappa, mintanya kejunya dibanyakin. Yo wes akhirnya pake 1 kotak keju cheddar deh. Mantapp..

Sebelumnya aku udah pernah bikin cheese klappy ini. Resepnya pake klappertaart wilton, cuman ditambah potongan cheese di dalamnya dan taburan cheese diatasnya. Tapi kali ini ga pake tambahan creamcheese di dalamnya, karna memang lagi ga ada stok :D :D 

Klappynya aku masukkan ke cup kecil-kecil biar sekali santap. Aku cuman bikin setengah resep aja. Dibawah ini hanya setengah resep dari resep aslinya. Silahkan disimak..

 
Cheese Klappertaart
Bahan:
500 cc fresh milk
125 gram gula pasir
25 gram tepung terigu
25 gram tepung custard
25 gram maizena
75 gram mentega atau margarin
3 butir kuning telur
3 buah kelapa muda, kerok isinya saja
100 gram keju cheddar, potong kotak kecil-kecil
Kayu manis bubuk

Topping:
3 butir putih telur
2 sdm gula pasir
1 sdm tepung terigu
Kayu manis bubuk
Kismis direndam air hangat
Almond slice
Keju cheddar parut

Cara membuat:
- Didihkan 350 cc fresh milk dan gula pasir
- Larutkan tepung terigu, custard dan maizena dengan 150 cc fresh milk
- Masukkan campuran susu dan tepung ke dalam susu panas, aduk terus sampai mengental dan meletup-letup
- Angkat dari api, masukkan mentega, aduk rata
- Masukkan kayu manis bubuk
- Masukkan kuning telur satu persatu
- Masukkan potongan keju cheddar
- Masukkan daging kelapa muda, aduk rata
- Masukkan adonan ke dalam cup sampai ¾ tinggi
- Bakar dengan cara ditim selama 15 menit dengan suhu 160° sampai ½ matang
- Sambil menunggu, siapkan adonan topping: kocok putih telur dengan mixer sambil dimasukkan gula sedikit sedikit sampai kaku
- Masukkan tepung terigu, aduk rata dengan spatula
- Semprotkan toping keatas adonan ½ matang sampai cukup tinggi, taburi dengan kayu manis bubuk, keju cheedar parut, almond dan kismis
- Bakar lagi sampai toping berwarna kekuningan


Vio habis bangun tidur langsung menyantap cheese klappertaart

Dan benar saja, pagi hari sehabis bangun tidur, Vio langsung meluncur ke dapur dan buka kulkas. Katanya, Mah..Vio mau makan kelapa.. Alhamdulillah, seneng banget rasanya kalo bisa buatin cemilan buat anak tersayang.

Pappa juga sama aja ternyata, malah pagi itu langsung habis 2 cup. Heuheu.. Cheese klappertaart ini emang favorit keluarga kecil kami. Ssstt, aku juga sebenernya sami mawon, pagi-pagi langsung makan 1 cup. Wkwkwk (tutup muka pake loyang)..

Okay, silahkan dicoba.. Semakin banyak cheesenya, semakin endess..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar