Jumat, 22 Mei 2015

Perkedel Tahu Kornet


Nothing special, hanya perkedel tahu biasa buat lauk makan kemaren siang. Untuk campuran perkedelnya aku tambahin kornet rasa keju. Selain kornet, bisa diganti juga dengan daging sapi giling atau cincangan udang. Atau mungkin ditambah sayuran seperti wortel parut juga bisa.

Sebelum aku tuliskan resepnya, ga ada salahnya kalo membahas sedikit tentang asal muasal perkedel. Biasanya orang mengenal perkedel berbahan dasar dari kentang. Tapi perkedel tahu ini juga tidak kalah enak dari perkedel kentang.

Perkedel sebetulnya merupakan hidangan yang populer di Jerman, di mana makanan ini dikenal dengan nama Frikadellen, Buletten, Fleischkuechle atau Fleischpflanzerl. Bukan hanya itu. Makanan ini juga menjadi salah satu kuliner khas di beberapa negara-negara Eropa, seperti Denmark, Kepulauan Faroe, Norwegia, Polandia, Rusia, Estonia, Ukraina, Belanda, dan Lithuania. Sementara di Afrika Selatan, perkedel telah menjadi bagian dari warisan kuliner bangsa Afrika lho.

Perkedel adalah kata serapan yang diambil dari bahasa Belanda Frikadel. Mungkin dulu saat orang Belanda mengatakan Frikadel, lidah orang Indonesia agak keseleo saat menirukannya. Alhasil, kita sekarang menyebut makanan ini dengan nama perkedel. (http://www.merdeka.com/gaya/perkedel-si-bulat-yang-terbang-dari-eropa.html)

Perkedel Tahu Kornet
By. Vani AA.

Bahan:
5 buah tahu sumedang
1/2 bungkus kornet (aku pake kornet yang kemasan sachet)
Daun bawang, iris tipis
1 butir telur
1 sdm tepung terigu
Minyak goreng

Bumbu halus:
2 siung bawang putih
3 buah bawang merah
1/2 sdt ketumbar
Garam dan merica bubuk secukupnya

Cara membuat:
- Hancurkan tahu, masukkan bumbu halus, aduk rata. Tambahkan kornet, daun bawang, telur, dan tepung terigu, aduk sampe rata.
- Bentuk adonan perkedel menjadi bulat pipih. Goreng hingga berwarna kecoklatan.


Untuk tahu-nya bisa menggunakan tahu apa saja ya. Karna waktu itu di kulkas adanya cuman tahu sumedang, jadinya pake yang ada saja. Perkedel tahu ini selain buat lauk makan, bisa juga dijadikan sebagai cemilan. Hehehe..

Silahkan dicoba dan dimodifikasi sesuai selera ^__^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar