Rabu, 18 Maret 2015

Udang Goreng Saus Madu


Dinner for tonight, udang goreng saus madu. Kepengen nyoba resep ini udah dari kapan lalu. Udah minta resep juga dari Tante di Jogja. Tapi baru terealisasi bikinnya malam ini. Hihihi..dasar males.. Untungnya di kulkas masih ada stok udang seprapat kilo. Langsung deh dimasak buat menu makan malam kami bertiga.

Udang goreng saus madunya sengaja aku masak ga pedes, biar Vio bisa ikut menikmatinya juga. Soal rasa ga usah ditanya. Enak pokoknya, ada rasa manis dan asem.. Kalo kata Pak Bondan, "maknyuss"..


Udang Goreng Saus Madu
By. Vani AA
Bahan:
1/4 kg udang ukuran sedang, buang kepalanya
1/2 buah jeruk nipis
1/2 buah bawang bombay ukuran sedang, iris tipis
1 siung bawang putih, iris tipis
1 ruas jahe, dikeprek
1 buah tomat merah, potong kecil-kecil
1 sdm saus sambal (bila suka pedas bisa ditambahkan sesuai selera)
2 sdm saus tomat
2-3 sdm madu
Garam, merica bubuk, gula pasir secukupnya
100 ml air
Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:
- Lumuri udang dengan jeruk nipis dan garam, diamkan kurang lebih 15 menit. Setelah itu, goreng udang sebentar saja, angkat dan tiriskan.
- Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga wangi, tambahkan jahe, aduk rata. Masukkan udang yang sudah digoreng, aduk rata.
- Tambahkan tomat merah, aduk rata. Masukkan saus sambal, saus tomat dan madu. Tambahkan air, aduk rata. Bubuhi dengan garam, merica bubuk dan gula pasir, aduk rata. Jangan lupa untuk dicicipi.
- Masak hingga bumbu meresap. Angkat dan sajikan.



Karna menu ini buat makan malam, so ambil photonya juga malem pastinya. Mengandalkan cahaya dari lampu aja, jadi ada sedikit bayangan di bawah piringnya. Harap dimaklumi yaa T___T



Silahkan dicoba resep udang goreng saus madunya.. Dijamin enak pastinya..
Happy cooking ^__*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar