Rabu, 15 Oktober 2014

Sponge Cake Vanilla


Nyoba bikin sponge cake vanilla, buat cemilan Pappa dan Vio di rumah. Bikin ini barengan sama orderan birthday cake Mas Nizar. Selain itu karna Mas Nizar kepengen icip cupcake katanya. Jadi sekalian bikin aja deh untuk cupcake, dan sisanya buat cemilan di rumah :)

Resepnya sama seperti sponge cake coklat. Cuman coklat bubuknya diganti dengan susu bubuk dengan takaran yang sama, dan ditambah dengan essence vanilla.

Aku cuman bikin setengah resep saja. Adonannya aku tuang di cupcase 4 buah dan sisanya di loyang ukuran 20x20cm. Resep dibawah ini adalah 1 resep sponge cake vanilla..

Sponge Cake Vanilla
Bahan:
8 butir telur
200 gram gula pasir
15 gram emulsifier
1/4 sdt vanili
100 gram terigu protein sedang
40 gram maizena
60 gram susu bubuk
100 gram mentega, lelehkan
1 sdt essence vanilla

Cara membuat:
- Campur terigu, maizena dan susu bubuk, aduk rata.
- Kocok telur, gula pasir, emulsifier, dan vanili hingga mengembang dan kental berjejak.
- Masukkan campuran tepung sambil diayak, aduk hingga tercampur rata. Tambahkan essence vanilla, aduk rata. Masukkan mentega leleh, aduk rata.
- Tuang dalam loyang. Oven dengan suhu 180'C hingga matang.


Toppingnya aku kasih sedikit buttercream dan keju parut yang banyak.. Hihihi.. Maklum, kami bertiga kan penggemar berat keju :p

Sponge cakenya aku potong kecil-kecil, biar sekali hap langsung masuk mulut. Wkwkwk.. Alhamdulillah jadi cemilan kami bertiga didalem mobil sewaktu mengantar birthday cake pesanan Mas Nizar ke Bintaro.

Untuk hasil cupcakenya aku posting setelah ini ya..
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar